Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia dan Menurut WHO

26 December 2018 - Kategori Blog

Tekanan Darah Normal –
Anda pasti pernah mendengar tentang penyakit tekanan darah tinggi bukan? Ya, ini adalah penyakit yang menyerang seseorang dengan gejala tekanan darah yang tidak normal atau melebihi batas normalnya. Lalu apa itu tekanan darah normal dan bagaimana mengetahui tekanan darah yang normal atau tidak itu? Berikut penjelasannya. Sebelum mengetahui indikator apakah tekanan darah seseorang bisa dikatakan normal atau tidak, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu tekanan darah. Tekanan darah ini merupakan sebuah ukuran tentang seberapa kuat jantung seseorang memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jika tekanan darah normal, maka kinerja dari tubuh juga akan lebih optimal.
Tekanan darah ini bisa naik dan bisa juga turun disebabkan oleh banyak faktor. Yang paling umum diketahui, faktor yang menyebabkan terjadinya kenaikan dan penurunan tekanan darah adalah karena faktor emosi dan faktor aktivitas fisik yang dijalani oleh setiap orang. Dengan begitu tentu saja tekanan darah normal setiap orang pasti berbeda. Tekanan darah setiap orang juga akan berubah sejalan dengan pertambahan usia.
Inilah yang membedakan tekanan darah antara setiap orang. Angka tekanan darah biasanya ditunjukkan dengan dua ukuran, contohnya 120/90 mmHg. Dari dua ukuran ini dapat diartikan angka 120 merupakan tekanan yang ada di pembuluh arteri saat jantung kontraksi, sedangkan angka 90 adalah tekanan saat jantung relaksasi. Nah, berikut ini adalah beberapa standar atau angka tekanan darah normal berdasarkan usia yang harus Anda ketahui. Sebelumnya harus Anda ketahui tekanan darah normal menurut WHO adalah 120/80 hingga 130/85 mmHg.

# Tekanan Darah Normal Pada Anak, Dewasa dan Ibu Hamil :

1. Tekanan Darah Normal pada Bayi dan Anak
Ukuran tekanan darah normal berdasarkan usia dimulai dari jenjang anak-anak atau bayi. Pada masa ini tekanan darah yang normal akan selalu berubah secara bertahap mengikuti masa pertumbuhannya. Tekanan darah normal pada anak memang sedikit sulit untuk dihitung karena setiap usia pertumbuhan akan memiliki angka yang berbeda. Sebut saja misalnya pada bayi yang baru lahir tekanan normalnya biasanya pada angka 90/60 mmHg. Tekanan ini akan berubah saat anak memasuki umur 3 dan 12 tahun, yakni mencapai angka 104/113mmHg dan 119-127 mmHg.

2. Tekanan Darah Normal pada Remaja dan Dewasa
Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tekanan darah yang normal akan terus berubah sejalan dengan pertumbuhan seseorang. Namun hal tersebut tidak terjadi ketika seseorang sudah memasuki jenjang remaja, dewasa hingga dewasa. Ukuran tekanan darah normal berdasarkan usia selanjutnya adalah pada usia dewasa. Tekanan darah normal dewasa, remaja dan lansia dihitung pada angka yang sama yakni 120/80 mmHg.

3. Tekanan Darah Normal pada Wanita dan Ibu Hamil
Selain dilihat berdasarkan usia, tekanan darah yang normal juga berpengaruh pada wanita dan ibu hamil. Untuk tekanan darah normal wanita dan ibu hamil cenderung sama, yakni pada angka 120/80. Namun ada pengecualian pada ibu hamil, karena tekanan darah pada ibu hamil akan terus mengalami peningkatan dan penurunan karena faktor hormon yang meningkat. Karena itulah tekanan darah normal pada ibu hamil harus benar-benar diperhatikan agar nantinya tidak membahayakan baik bayi maupun ibunya.
Tekanan darah sangat dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan dan juga emosi. Namun secara alami, perubahan tekanan darah juga akan dipengaruhi oleh pertambahan usia. Beberapa daftar tekanan darah normal berdasarkan usia di atas adalah contoh mudahnya. Angka itu adalah angka yang harus dijaga pada usia-usia yang sudah ditentukan agar Anda terhindar dari resiko terserang gangguan kesehatan pada jantung.

## Itulah tadi penjelasan lengkap tentang tekanan darah normal, baik pada usia-usia tertentu maupun pada kondisi khusus seperti ibu hamil. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Semoga kita senantiasa dilimpahkan kesehatan dan umur panjang.( alkespedia.com )

 
INFO PRODUK & HARGA